Virus Covid19 di Batam Virulensi Rendah Dibanding Jatim

TERDEPAN.CO.ID,BATAM- Virus Covid19 atau Virus Corona  dalam bahasa latinnya severe acute respiratory syndrome coronavirus 2 (SARS-CoV-2) adalah virus yang menyerang sistem pernapasan, yang ada di Batam saat ini, merupakan jenis Virus yang tergolong memiliki Virulensi keganasan ringan dibanding dengan Virus di Kota lain seperti halnya di Jawa Timur. Hal ini disampaikan oleh, Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, dr Didi Kusmarjadi, SpOg, rabu (24/06/20) di Kantornya Sekupang.

“Kebetulan di Batam Virulensi atau keganasan virusnya itu rendah tidak seperti halnya di Jawa Timur, di Jawa Timur itu luar biasa virusnya itu, memang benar sama Covid nya tetapi virulensinya berbeda dalam menyerang, di Jawa Timur pun orang muda bisa mati, jika terkena Covid, tetapi di Batam ini alhamdullilah yang virulensinya kuat-kuat itu ada di awal-awal saja, dari beberapa kasus yang mati dan sekarang 62 persen itu adalah kasus yang tidak bergejala atau bergejala ringan saja, “urainya.

Bacaan Lainnya

“Kita minta kepada mayarakat itu himbauan pemerintah untuk menggunakan masker, melakukan pisical distancing, menjaga kebersihan agar di ikuti, Kita tidak berharap agar virus yang virulensinya berbahaya itu masuk ke Batam dan itukan akan memakan banyak korban kalau di Batam yang membikin orang mati itu bukan virusnya tetapi orang yang sudah ada penyakit, “lanjutnya.

Pada penegasannya, dr Didi menekankan bahwa pada umumnya pasien yang ada penyakit diabetes, hypertensi, itu yang akan menjadi korban.

“Seperti yang kemarenkan ada anak-anak yang menjadi korban, kalau orang muda yang terkena itu umumnya tidak bergejala, tapi kalau potensinya untuk menularkan kepada orang tuanya, yang sedang sakit atau tetangganya itukan yang menyebabkan kematian, “katanya memotifasi.

Dr. Didi dalam keteranganya menyampaikan, keberhasilan Tim Gugus Tugas Covid dalam melakukan penyisiran dimasyarakat juga melibatkan aparat TNI dan Polri dalam menenangkan dan memberikan edukasi kepada masyarakat tentang bahaya Covid19.

“Memang dari Kita itu ada tim reaksi cepat dan itu termasuk dalam gugus tugas Kita, juga masukkan itu ada Pak Kapolres serta Dandim jadi jika ada kendala dalam penjemputan, maka Kita akan minta bantu kepada aparat terhadap orang-orang yang tidak kooperatif tapi kalau yang kooperatif mungkin cukup Kita Kita aja cukup, tapi Kita lihat situasi kalau tidak kooperatif, Kita minta bantu Polisi dan Tentara mendampingi, “tutupnya.

 

Redaksi

#DinasKesehatanBatam

 

TERDEPAN VIDEO

Pos terkait

KERUPUK IKAN TAMBAN ALREINA dengan takaran ikan TAMBAN yang lebih banyak sehingga menghasilkan citarasa ikan bangetzzzz dibanding dengan KERUPUK ikan TAMBAN Lainnya.