Walikota Batam Resmikan Vihara Samudra Darma Mantaro

Walikota Batm Rudi saat menandatangani prasati Vihara Samudra Dharma Mentaro

TERDEPAN.CO.ID,BATAM- Setelah sekian lamanya menunggu akhirnya Vihara Samudra Darma Mantaro Tiban diresmikan Walikota Batam, Rudi, pada , Senin (8/7/2019).

Memiliki luas 2 hektar, Vihara Samudra Darma Mantaro telah berdiri bangunan yang kokoh tempat beribadat umat Budha dengan ornament pendukung patung Tua Pek Kong dan Guān Yīn atau Dewi Welas Asih di Tiongkok.

Dalam peresmian tersebut juga ikut hadir, Kemenag Kota Batam, anggota dewan DPR RI, Haripintu, Dewan Kota Batam, Hendra Asman, Likai dan beberapa pejabat DLH serta Kapolsek Sekupang.

Rudi dalam sambutannya menyampaikan kehadiran Vihara Samudra Darma Mantaro selain sebagai wahana beribadah juga sebagai bentuk kerukunan antar umat beragama yang ada di Kota Batam sekaligus kedepannya sebagai tempat pariwisata religi.

“ Dengan kondisi Batam yang aman masyarakat bisa beribidah dengan aman, nyaman dan terjamin dan ini kedepannya bisa menjadi tempat wisata riligi andalan Kota Batam, “terangnya.

Ia menyampaikan, untuk memajukan obyek pariwisata religi Kota Batam, Vihara Samudra Darma Mantaro kedepannya pemerintah Kota Batam akan memasukan brosur.

“Suport pemerintah dengan kehadiran Vihara ini akan memasukan kedalam brosur promosi kalau ada vihara di Sekupang ini, “terangnya kembali.

Rudi berharap dengan kondisi Batam yang majemuk, masyarakat tetap menjaga kerukunan beraga untuk menciptakan Batam tetap aman dan kondusif.

“ Saya berterimakasih kepada masyarakat Batam, dan Saya harap masyarakat tetap menjaga kondusifitas, “tutupnya.

Selly seketaris Vihara Samudra Dharma mengatakan, Vihara yang dibangun diatas 2 hektar lahan ini selain untuk tempat beribadah umat Budha juga akan dibuka untuk masyarakat umum.

“ Masyarakat umum boleh kesini hanya untuk berfoto atau berwisata religi, u”ujarnya.

Dipenghujung wawancaranya, Ia menyampaikan, dengan kehadiran vihara ini diharapkan bisa diterima masyarakat sekitar dan membantu PAD pemerintah Kota Batam untuk memajukan wisata religi.

“Vihara ini sudah terkenal hingga mancanegara seperti, Malaysia, Singapura dan Vietnam serta Filipina, “paparnya.

Menurutnya, Vihara Samudra Dharma Mentaro akan terus melakukan pembenahan dengan menyelesaikan pembangunan yang belum terselesaikan usai peresmian yang ditandai dengan penandatanganan prasasti oleh Walikota Batam Rudi dan disaksikan oleh ketua Yayasan Vihara Samudra Dharma, Hartoyo Haeng.

 

Penulis: Bagus Alfianto

Editor : IKA

 

 

Pos terkait