Lahirkan Generasi Terbaik

  • Whatsapp

TERDEPAN.CO.ID,BINTAN- Gubernur Kepri H Nurdin Basirun melepas peserta Pawai Ta’aruf Seleksi Tilawatil Qur’an dan Hadist (STQH) VIII Tingkat Provinsi Kepulauan Riau tahun 2019 bertempat di Bundaran Tanjak, Kijang, Kabupaten Bintan, Sabtu (27/4).

Menurut Nurdin, pawai ini diharapkan dapat menggugah hati masyarakat dan menyerap hikmah serta pendidikannya sehingga masyarakat antusias menyaksikan helat STQH ini.

Read More

Sejatinya, kata Nurdin, pelaksanaan helat STQH ini esensinya adalah membumikan Al-Quran di tanah Melayu. Kegiatan pawai ini juga sekaligus sarana silaturahmi antar kontingen.

“Hendaknya kegiatan ini jangan dipandang sebagai kegiatan seremonial saja melainkan lebih pada tujuan silaturahmi dan mendorong antusias masyarakat untuk menyaksikan kegiatan STQH ke VIII,” katanya.

Nurdin pun berharap, melalui ajang ini dapat lahir para remaja-remaja yang berinovasi dan berkarya, yang dapat mengharumkan nama Kepri hingga ke tingkat-tingkat selanjutnya.

“Kita berharap agar melalui ajang ini (pawai Taaruf) memang dapat benar-benar terlahir generasi muda yang akan mengharumkan nama daerah bukan hanya sebatas Provinsi Kepulauan Riau namun hendaknya hingga ke tingkat nasional,” pungkasnya.

Pawai sendiri menampilkan para perwakilan dari masing-masing 6 kabupaten/kota se Kepulauan Riau, dengan jumlah defile pawai yakni Kota Tanjungpinang 502 orang, Kabupaten Bintan 1.000 orang, Kabupaten Karimun 859 orang, Kabupaten Lingga 300 orang, Kabupaten Kepulauan Anambas 250 orang dan terakhir Kabupaten Natuna 200 orang. Tampak peserta menampilkan kebolehannya di depan panggung kehormatan, mereka berjalan sembari bersholawat, mengaji dan ada pula yang menari, bermain musik, marching band sambil meyanyikan lagu keagamaan dan lagu khas daerahnya masing-masing.

Masing masing Kabupaten/Kota pun membawakan tema yang dibawakannya baik dari segi pembanguan, objek wisata, semangat mengaji serta keanekaragaman tradisi budaya adat dan istiadat. Selain itu, keunikan kendaraan hias yang beranekaragam bentuk tema dari masing- masing kontingen juga  turut memeriahkan suasana STQH tersebut.

Ribuan masyarakat Kijang beramai ramai menyambut pawai ta’aruf di sepanjang kawasan Tugu Tanjak. Start pawai sendiri di mulai dari depan panggung Gubernur duduk hingga jalan Relief Antam finis. Meskipun hujan dan cuaca yang tidak bersahabat menyelimuti Kota Kijang masyarakat tetap antusias menyaksikan beragam atraksi, nyanyian lagu, tarian, musik khas dan pakian adat daerah masing-masing kontingen dari seluruh Kabupaten/Kota Se Kepulauan Riau.

Turut hadir menyaksikan pawai Sekretaris Daerah H TS Arif Fadilah, Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang H Syahrul dan Hj Rahma, Bupati Karimun H Aunur Rofik, , Wakil Bupati Karimun H Anwar Hasyim, Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra, Sekretaris Daerah Kepulauan Anambas Sahtiar, Sekretaris Daerah Karimun M Firmansyah, Sekretaris Daerah Lingga, Kepala Kemenag Provinsi Kepri, Seluruh Kepala OPD Provinsi dan Kabupaten / Kota, Forkompimda beserta masyarakat Bintan Kijang. Dalam rangka memeriahkan STQH VIII tahun 2019, para peserta pawai yang baru melintas di depan pangung utama.(jet)

banner 300x250

Related posts