Tiga Bulan Terakhir Bandara Hang Nadim Berhasil Amankan 6 Kilo Narkoba

  • Whatsapp
Bandara Hang Nadim Batam
Bandara Hang Nadim Batam

TERDEPAN.CO.ID,BATAM– Bandara Internasional Hang Nadim Batam dalam tiga bulan terakhir dari Januari hingga pertengahan April 2019 berhasil mengamankan dan menggagalkan penyelundupan narkoba jenis Sabu sebanyak 6 Kilo gram yang dibawa oleh calon penumpang pesawat.

Direktur BUBU Bandara Hang Nadim Batam Suwarso menyampaikan, trend peningkatan penangkapan barang bukti narkotika berikut tersangka dalam tiga tahun terakhir merupakan suatu upaya kerja keras petugas Bandara Hang Nadim bersama instansi terkait dalam memperketat pengamanan dan penjagaan di pintu masuk Bandara. Kamis ( 18/04/19) usai menghadiri pemusnahan Narkoba di Kantor BNNP Kepri Nongsa.

Kita tiga tahun ini mengalamipeningkatan  dan untuk bulan januari hingga april 2019 saja, sudah 6 kilo gram  dan ini merupakan upaya yang cukup meningkat  dalam memperkuat  pengamanan dan penjagaan dipintu masuk Bandara Hang Nadim, “jelas Suwarso.

Ia mengatakan, banyaknya upaya penyelundupan narkotika melalui Batam dimungkinkan karena banyaknya permintaan di berbagai daerah serta upaya percobaan penyelundupan melalui Batam yang dianggap masih terlampau mudah karena wilayah geografis dan pintu masuk Batam yang sebagian besar perairan.

“Kalau kita lihat semua sektor ikut berperan,  dari percobaan penyelundupan narkotika yang cukup tinggi , pengamanan Kita juga harus diperketat , dan peralatan kita juga makin ditingkatkan  dan SDM juga disiapkan, karena alasan banyaknya barang tersebut, ujung-ujungnya permintaan di luar pulau masih sangat tinggi  dan masuknya ke Batam juga sangat mudah,”terangnya.

Menurutnya, selain pengawasan yang ketat di pintu masuk Bandara Hang Nadim, pengamanan di perairan serta pelabuhan juga harus diperketat.

“Kalau dilaut itu pintunya terlalu banyak,  dan kalau di Bandara,  konsentrasinya hanya pada dua titik  dan pengamannnya itu harus terus Kita maksimalkan dengan instansi terkait, Saya rasa titik pintu masuk air itu kita batasi dengan memperkuat  dan menambah peralatan yang canggih dan memperkuat SDM untuk membantu tidak masuknya barang-barang terlarang, “jabarnya.

Suwarso meminta Pemerintah terus berkonsentrasi untuk memberantas peredaran narkoba.

“ Pemerintah harus konsen dengan kasus ini, dan hukuman yang diberlakukan harus lebih berat agar, ini bisa menjadi contoh  yang lain, untuk tidak berbuat, “tutup suwarso.

Penulis : IKA

 

Related posts