Polsek Tanjungpinang Kota Turunkan 17 Lembar Bendera Merah Putih Tidak Layak Dikibarkan.

banner 468x60

Terdepan.co.id,Tanjungpinang- Polres Tanjungpinang melalui Polsek Tanjungpinang Kota melakukan pergantian Bendera Merah Putih yang sudah kurang layak untuk dikibarkan, yang bertempat di Tugu Proklamasi Jl. S.M. Amin tepi laut Tanjungpinang, Jumat (12/4/2019).

Tugu Proklamasi Riau memiliki sejarah dimana tempat berdirinya tugu saat ini adalah lokasi pertama kalinya dikibarkan Sang Saka Merah Putih serta dibacakannya teks proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia di kota Tanjungpinang. Tugu ini didirikan pada tanggal 29 Desember 1949, dan berada di depan kantor Gedung Daerah Provinsi Kepulauan Riau yang berada di tepi laut.

Read More

banner 300250

Mengetahui hal tersebut,  Kapolsek Tanjungpinang Kota AKP Reza Anugrah  langsung berinisiatif menggantinya dengan yang layak.

Adapun jumlah total keseluruhan bendera merah putih di Tugu Proklamasi tersebut yang diganti sebanyak 17 (tujuh belas) lembar.

Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi melalui Kapolsek Tanjungpinang Kota menyampaikan bahwa Bendera Merah Putih resmi dijadikan sebagai bendera nasional Indonesia sejak tanggal 17 Agustus 1945.

” Telah ada pengaturan mengenai ketentuan ukuran bendera, penggunaan, penempatan, hingga aturan pidana terhadap pihak yang menghina Bendera Negara. Aturan tersebut termuat dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara, serta Lagu Kebangsaan, “jelas Ucok.

Ucok berharap, agar bendera merah putih yang sudah kurang layak untuk dikibarkan segera diganti.

“Hal ini bukan semata-mata menjadi tanggung jawab instansi tertentu saja namun tanggung jawab kita semua sebagai bangsa Indonesia yang merasakan dan menikmati indahnya kemerdekaan,” tegasnya.

Menurutnya sebagai bentuk penghormatan dan penghargaan kepada bangsa Indonesia atas jasa para pahlawan dalam perjuangannya merebut kemerdekaan.

” Ini merupakan suatu kewajiban serta keharusan bagi kita semua bangsa Indonesia untuk meneruskan perjuangan tersebut, dengan menjaga merah putih sebagai lambang kebanggaan bangsa Indonesia, ” tutupnya.

Penulis : M. Hallul

Editor : IKA

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60