Gubernur Kepri Serahkan Sertifikat Tanah Secara Simbolis Kepada Masyarakat Bintan

  • Whatsapp
Gubernur Kepri menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Bintan secara simbolis
banner 468x60
Gubernur Kepri menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat Bintan secara simbolis

TERDEPAN.CO.ID,BINTAN- Gubernur Kepulauan Riau Nurdin Basirun menyerahkan sertifikat tanah kepada masyarakat yang berada di Kabupaten Bintan, Jumat (12/04/19) pukul 14.30 Wib, di Lapangan Relief Antam Kijang, Jl. Trikora, Kel. Kijang Kota, Kec. Bintim, Kabupaten Bintan, Prov. Kepri.

Sebagai perpanjangan tangan Pemerintah Pusat, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun, mewakili Presiden RI menyerahkan secara langsung Sertifikat Tanah kepada Warga Kabupaten Bintan yang selanjutnya, akan diserahkan secara massal kepada Seluruh masyarakat Kab. Bintan.

Read More

banner 300250

Dihadiri sebanyak 150 warga masyarakat Kijang Kota, Kabupaten Kijang, Gubernur Kepri, Nurdin Basirun menyampaikan, penyerahan sertifikat tanah diserahkan secara simbolis karena BPN belum menyerahkan sertifikat yang asli.

“Kepada para Lurah/Kades, kalau diluar ada info, bahwa BPN belum menyerahkan sertifikat, karena belum semua yang terbit akan langsung diserahkan, nanti akan ada penyerahan selanjutnya, dimana rencana awal penyerahan sertifikat tersebut dilakukan secara serentak oleh Presiden RI Joko Wododo dan hari ini Kita serahkan secara simbolis, nanti di kantor tinggal kita menjadwalkan penyerahannya, “terang Nurdin.

Nurdin dalam keterangan yang sama mengatakan, penyerahan sertifikat tanah tersebut atas nama pemerintah pusat program BPN yang pembiayaan prosesnya dibiayai oleh Pemrov Kepri.

“Saya menyerahkan sertifikat tanah ini atas nama pemerintah pusat. Program ini adalah program yang diselenggarakan oleh BPN. Kami di Pemprov Kepri membiayai prosesnya, “terang Nurdin.

Ia menambahkan, Pemrov Kepri dalam kegiatan ini memberikan hibah kepada Kanwil BPN Provinsi.

“Kami memberikan hibah kepada Kanwil BPN Prov. Kepri untuk bisa melaksanakan program ini. Sekali lagi kami tegaskan bahwa ini program pemerintah pusat yang didukung oleh Pemprov Kepri untuk warga Kepri, agar memiliki sertifikat tanah, “lanjutnya.

Menurutnya, Penyerahan sertifikat tersebut dijelaskannya merupakan misi sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) Tahun 2019, Gerakan Pemasangan Tanda Batas (Gema Patas) dan Penyerahan Sertifikat Tanah Hasil PTSL Tahun 2018 Sehingga kedepannya warga dapat memiliki sertifikat atas tanah hak milik pribadi masing-masing.

Bupati Bintan, H. Apri Sujadi, mengapresiasi Pemrov Kepri dalam pembagian sertifikat kepada masyarakat Bintan.

“Dalam kesempatan ini, Saya sebagai Bupati Bintan, mengapresiasi Pemrov Kepri, dimana pada hari ini masyarakat Kabupaten Bintan akan menerima secara langsung Sertifikat oleh BPN Prov. Kepri, “papar Apri.

Apri juga ingin mengingatkan kepada para seluruh Lurah dan kades agar lebih selektif dalam kepengurusan sertifikat tanah. Karena Lahan menjadi salah satu unsur konflik sengketa di masyarakat.

“Kita harus mengurus tanah itu, harus memberikan kepastian hukum, bukan sebaliknya, jangan sampai kepastian hukumnya cacat pada saat mengurusnya, ini akan menjadi kelemahan nantinya, karena Sertifikat itu menjamin kepastian hukum yang ruang lingkupnya adalah  kepastian status dan kepastian objek bagi Masyarakat, “tutup Apri.

Penulis : IBE

Editor : IKA

banner 300x250

Related posts

banner 468x60