Perkenalkan Lingga, Edy Sutrisno Bersama Dispar Ajak Mahasiswa Mengenal Sejarah Melayu

  • Whatsapp
Edy Sutrisno Penulis bUku "Exploring Lingga'
banner 468x60
Edy Sutrisno Penulis bUku “Exploring Lingga’

Terdepan.co.id, Batam- Kabupaten Lingga atau yang biasa disapa Bunda Tanah Melayu adalah sebuah daerah yang memiliki peninggalan situs sejarah yang kental akan histori cikal-bakal sejarah Melayu pada tempo dulu.

Edy sutrisno Penulis Buku “ Exploring Lingga” menggandeng Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Lingga, Raja Fahrurazzi memperkenalkan Kabupaten Lingga dihadapan puluhan Mahasiswa Universitas Universal yang beralamat di Sei Panas Batam untuk mengenal pariwisata sejarah Lingga secara dekat, melalui panduan berupa buku dan video yang dikemas apik dalam nuansa pariwisata “Exploring Lingga”, Selasa (26/03/19).

Mengambil tema Exploring Lingga ( Wonderful Riau Islands Goes to Campus), Edy Sutrisno yang aktif sebagai penulis buku dan berbagai kegiatan sejarah “Tempo Doeloe” ini menyampaikan, kegiatan yang dilakukan adalah sebagai bentuk membantu pemerintah Lingga dalam memperkenalkan khasanah budaya yang ada kepada mahasiswa terutama generasi muda yang kurang mengenal secara dekat dan belum pernah mengunjungi langsung Kabupaten Lingga yang memiliki kedekatan sejarah Melayu.

“Kegiatan yang kami lakukan, membantu dinas [pariwisata lingga, memperkenalkan kabupaten lingga lebihdekat kepada mahasiswa terutama generasi muda karena orang taunya Batam dan Bintan, tapi orang jarang yang tau tentang Lingga, “ kata Edy.

Edy juga menyampaikan, Kabupaten Lingga sama halnya dengan Batang yang terendam, dengan potensi alamnya yang luar biasa yang belum begitu dikenal masyarakat luas.

“Lingga itu seperti halnya Batang yang terendam, padahal sebenarnya potensi, sangat luar biasa untuk diperkenalkan, terutama historis Pulau Lingga berada di Kepeluan Riau sangat hebat, tapak-tapak sejarahnya ada disana, makam-makam Sultan, Benteng-benteng, kemudian ada istanya, “ beber Edy menjelaskan.

Menurutnya tugas besar untuk memperkenalkan Kabupaten Lingga adalah  Dinas Pariwisata, dan pemerintah daerah untuk segera meningkatkan kemajuan Lingga terutama pariwisata sejarah.

Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Lingga, Raja Fahrurazzi dalam pidatonya menyampaikan, Lingga memiliki potensi yang sangat luar biasa baik secara sejarah, budaya dan potensi alamnya yang sangat indah.

“ Kabupaten Lingga itu potensi sangat luar biasa baik dari sejarah maupun alam, serta budayanya, dan apabila ini dikembangkan tidak kalah dengan daerah yang lainnya, namun saying kendalanya saat ini masih kurangnya rute kapal secara langsung dari Malaysia dan Singpura ke Lingga begitu sebaliknya, “ jelas Raja.

Raja berharap, dengan adanya sosisialisasi di Kampus ini bisa mengajak mahasiswa ikut mempromosikan pariwisata Lingga.

“ Kami berharap dengan sosialisasi ke Kampus ini, Lingga bisa dikenal lebih banyak lagi terutamanya kaum muda, “tutup Raja.

Wakil Rektor akademik dan kemahasiswaan Universitas Universal, Aswandi juga menyampaikan, dengan adanya sosialisasi pariwisata kepada mahasiswa di kampus, akan menambah wawasan para mahasiswa untuk mengenal secara lebih dekat kepada mahasiswanya.

Penulis : IKA

 

 

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60