KRI Lepu 861 Distribusikan Rp 4.5 M ke Pulau Terluar

KRI Lepu 861
KRI Lepu 861

TERDEPAN.CO.ID,BATAM- Bank Indonesia (BI) Pusat dan TNI AL secara resmi melepas KRI Lepu 861 bersama Tim Kas Keliling BI ke pulau-pulau terluar, terdepan, dan tertinggal di Kepri, pada Rabu (27/03/2019) dengan membawa uang senilai Rp 4.5 Milyar.

Uang sebanyak itu rencananya akan didistribusikan di enam daerah pulau terpencil dan terluar serta terdepan juga dilakukan untuk menarik uang lusuh dalam jumlah yang sama sebagai upaya untuk menambah keyakinan masyarakat saat bertransaksi sesuai dengan amanat UU tentang Rupiah.

“ Uang lusuh tersebut akan ditukarkan dengan mata uang rupiah emisi terbaru, untuk memberikan rasa nyaman masyrakat dalam menggunakan mata uang rupiah.

Pelepasan Tim Kas Keliling BI ke pulau terluar

Menurutnya keberadaan dan peran TNI AL sangat membantu BI untuk mendistribusikan mata uang rupiah untuk menjangkau pulau-pulau terpencil yang sulit dijangkau.

“ SDM Kami tidak mencukupi, dan keberadaan kantor BI rata rata di perkotaan sehingga sangat sulit menjangkau seluruh daerah yang terpencil. Dengan adanya armada TNI AL melalui kas keliling sangatlah membantu dalam pendistribusian uang rupiah, “ lanjutnya.

Laksamana Pertama (Laksma) TNI Yusup, Wakil Asisten Kepala Operasional Mabes TNI AL, menyampaikan, TNI AL dalam programnya sejalan dengan program Bank Indonesia  sesuai dengan UU sebagai salah satu upaya pemberdayaan wilayah  pertahanan NKRI.

“ Program BI dan TNI AL ini sejalan untuk mempertahanan NKRI dalam menjunjung amanah UU tentang rupiah, jangan sampai dilemahkan oleh mata uang asing, “terang Yusuf.

Menurutnya, terdapat sebanyak 116 pulau yang akan dituju oleh TNI AL dalam program kas keliling BI ditahun 2019.

Yusuf menegaskan kepada Tim ekspedisi agar mampu menjaga amanah yang telah diberikan untuk tetap fokus memperhatikan factor cuaca yang cukup dinamis guna menghindari hal hal yang tidak diinginkan.

“ Tim personel KRI Lepu agar tetap fokus memperhatikan faktor cuaca serta perhatikan SOP dalam berlayar, buat  perencanaaan atau mencari tempat berlindung jika kapal tidak memungkinkan diberangkatkan, apabila cuaca kurang mendukung berlindung terlebih dahulu, “ tegasnya.

Ia menegaskan misi Kas keliling BI ini dimulai tanggal 27 maret dan akan berakhir pada 2 April 2019.

“ Kas keliling BI dimulai hari ini dan berakhir tanggal 2 april 2019, “pungkasnya.

Diketahui KRI Lepu berangkat dengan Kru dari TNI AL sebanyak 32 personil dan dari Bank Indonesia sebanyak 16 personil.

 

Penulis ; IKA

Related posts