Politik Demokrasi Berperan Penting dalam Pembangunan

  • Whatsapp
Ketua DPRD Batam, Nuryanto
banner 468x60

TERDEPAN.CO.ID,BATAM- Keberhasilan pembangunan politik yang demokratis tidak hanya dipengaruhi oleh situasi yang berkembang di dalam negeri, tetapi dapat pula dipengaruhi oleh situasi politik internasional dewasa. Disamping keberhasilan pembangunan sistim demokrasi politik, perlu pula didukung oleh penyelenggara Negara yang professional dan terbebas dari praktek korupsi, kolusi dan nepotisme serta berbagai jaringan informasi di dalam dan di luar negeri.

Negara demokrasi biasanya dibangun melalui sistem kepartaian dimana partai politik adalah alat yang paling ampuh bagi manusia untuk mencapai tujuan-tujuan politiknya melalui pembuatan keputusan negara yang hanya mungkin dilakukan secara teratur melalui pengorganisasian secara melembaga berdasarkan tujuan-tujuan kenegaraan, yaitu oleh partai politik yang berfungsi sebagai struktur antara rakyat dan Negara.

Read More

banner 300250

Ketua DPRD Kota Batam, Nuryanto mengatakan, datangnya pesta demokrasi  perlu disambut dengan baik sebagai sarana tujuan dalam pencapaian suatu hal yang mulia untuk mencari calon pemimpin terbaik yang akan duduk di lembaga eksekutif, provinsi dan daerah guna kemakmuran dan kemaslahatan masyarakat, Kamis, (14/02/19).

“ Datangnya pesta demokrasi perlu disambut baik, dimana ada tujuannya dalam menyampaikan suatu hal yang mulia, untuk apa, buat apa, untuk mencari calon-calon pemimpin, baik yang akan duduk di legeslatif maupun yang di provinsi serta eksekutif, tuturnya.

Ia berpendapat, demokrasi tidak dapat berjalan tanpa adanya partai politik. Dimana peranan Partai politik menjalankan peran penghubung yang strategis antara proses kenegaraan dengan warga negara.

“ Dari sudut pandang Saya pribadi, dalam pesta demokrasi terdapat suatu ruang mulai dari pesertanya, pengawasnya, dan lembaga-lembaga yang lain yang ikut berperan dalam pemilu yang tentunya  dengan suatu komitmen bersama-sama melaksanakan demokrasi ini, bisa berjalan dengan baik dan sukses baik secara pelaksanaan dan sukses secara demokrasinya, “lanjut pria yang biasa di sapa Cak Nur ini.

Menurutnya, peran partai politik dewasa ini sangatlah penting dalam sistem politik di Indonesia karena menjadi poros penting dalam proses demokrasi.

Lanjutnya, Partai politik tidak hanya berperan dalam mempersiapkan para kader calon pemimpin bangsa untuk dicalonkan melalui pemilihan umum (pemilu)untuk menduduki berbagai jabatan dalam lembaga legislatif atau eksekutif tetapi juga memperjuangkan kebijakan publik berdasarkan aspirasi dan kepentingan masyarakat. Untuk itu partai politik memerlukan sumber daya agar dapat bertahan dan mengoperasikan struktur dasar partai untuk merepresentasi rakyat, mengembangkan kapasitas bersaing dalam pemilu, dan berkontribusi secara kreatif dalam perdebatan kebijakan publik.

Sebagai seorang politikus yang berhasil menjabat dua periode, Cak Nur mengajak dan mengedukasi masyarakat untuk memilih calon pemimpin dengan cara yang bijak sesuai tujuan, visi-misi berbasis gagasan masing-masing calon pemimpin yang akan di pilihnya nanti.

“ Kita sebagai seorang politik mengajak masyarakat serta mengedukasi para caleg dalam demokrasi pemilu dengan berbasis gagasan, sesuai dengan misi dan tujuan Kita dengan cara bersilaturahmi lebih intens dan relative sering dan inilah yang Saya rasa sangat bermanfaat, “paparnya.

Ia juga berpesan kepada calon pemimpin dan wakil rakyat yang akan duduk nanti untuk mengikuti aturan main agar mendapatkan hasil yang lebih baik dan amanah.

“ Kalau kita ingin menghasilkan bibit yang baik, pemimpin yang ideal, ya harus sesuai dengan aturan main, kalau kita melihat dari aturan demokrasi saya pikir hasilnya insaalah akan baik, “ jelasnya.

Nuryanto menerangkan, Partisipasi politik rakyat didasari pada pandangan bahwa rakyat perlu dibimbing dan dibina untuk mencapai stabilitas yang langgeng dan untuk mencapai tujuan itu, tanpa harus adanya transaksional yang justru menimbulkan ketidaknyamanan dan kondusifitas keberlangsungan pembangunan untuk kelangsungan kepentingan masyarakat dan bangsa kedepan.

“ Pengalaman Kami yang sudah dua kali menjabat di legeslatif, mengajak kepada masyarakat dalam momentum ini, mencari pemimpin yang baik untuk diajak diskusi, maksud dan tujuan tentang apa dan seperti apa,  tidak menggunakan transaksional, yang kemungkinan itu bisa terjadi dan tidak baik untuk kelangsungan dan kepentingan masyarakat bangsa dan negera ke depan, “pungkasnya. IKA

 

 

 

 

banner 300x250

Related posts

banner 468x60