Makam Tionghoa di Karimun Tertutup Sampah

  • Whatsapp
petugas kebersihan yang siaga di bak sampah pembuangan sementara menunjukkan satu makam tertutup sampah di pemakaman tionghoa Bukit Tiung Kelurahan Tanjungbalai Kecamatan Karimun
petugas kebersihan yang siaga di bak sampah pembuangan sementara menunjukkan satu makam tertutup sampah di pemakaman tionghoa Bukit Tiung Kelurahan Tanjungbalai Kecamatan Karimun

TERDEPAN.CO.ID,KARIMUN – Satu makam  warga Tionghoa tertutup sampah yang dibuang warga secara sembarangan yang berada di Bukit Tiung Kelurahan Tanjungbalai Kecamatan Karimun.

Lurah Tanjungbalai, Azrizal menyebutkan, informasi itu dia dapat pada selasa kemarin saat baru keluar dari kantornya (17/07/18) dan ketika dilakukan peninjauan, ternyata benar ada satu makam yang sudah tertutup oleh sampah limbah masyarakat.

Menurut Azrizal, dia dapat informasi tersebut dari petugas kebersihan yang disiagakan dari pagi hingga menjelang magrib.

Disaat mereka tengah bekerja, menemukan salah satu makam mulai tertutup sampah, padahal dilokasi tersebut telah disediakan bak sampah untuk penampungan sementara. Setiap harinya juga ada kendaraan Truk yang mengangkut sampah menuju Tempat Pembuangan Akhir (TPA) di Smemal Kelurahan Pasir Panjang Kecamatan Meral Barat.

“Kita tidak tahu siapa yang tega buang sampah sembarangan di makam. Padahal sudah disediakan bak sampah. Kemungkinan masyarakat yang buang sampah pada malam hari, sehingga tidak dapat diketahui perbuatan siapa ini. Kalau buangnya sore atau siang pasti sudah dimarahi petugas kebersihan yang memang tiap hari menjaga situasi bak sampah,” ujar Azrizal, Jumat (20/07/18).

Rencananya, pihak Kelurahan Tanjungbalai akan melakukan kegiatan bersih-bersih atau gotong-royong pada Minggu besok (22/07/18) di lokasi pembuangan sementara dan membersihkan sampah dari atas makam yang tertutupi sampah.

“Kami pun sudah berkoordinasi dengan pihak Paguyuban Sosial Marga Tionghoa Indonesia (PSMTI) Kabupaten Karimun. Maksudnya agar tidak ada kesalahpahaman disni. Nanti kami pun akan sama-sama gotong-royong, sebagai solusi sementara dalam waktu dekat, karena belum adanya lahan yang ada ,” jelasnya.

Untuk menghilankan kesan kotor dari aksi buang sampah sembarangan, Azrizal pun berencana akan menyulap samping bak sampah di pemakaman Tionghoa Bukit Tiung Kecamatan Karimun itu menjadi taman, sehingga masyarakat bisa ikut bersama-sama menjaga kebersihan lingkungan.

“Yang tertimbun sampah cuma satu makam, tapi pihak ahliwaris dari makam itu tidak tahu. Saya rasa kalau mereka tahu ya pasti komplain. Makanya kita cari solusi menggelar gotong-royong Minggu besok,” tutupnya. (KR2)/IKA

Related posts