Kapal Muatan Beras di Tangkap Tim WFQR

banner 468x60

Terdepan.co.id,Tanjung Pinang-Tim Gabungan WFQR Lantamal IV dan Lanal Batam dengan Patkamla Sea Rider 1, Sea Rider 2 dan Sea Rider Tim 1 Jatanrasla telah berhasil melaksanakan henrikhan terhadap kapal MV Alkar Trust dan MV. Kar Trust yang sedang melaksanakan ship to ship muatan beras, di perairan Teluk Sebong Bintan pada koordinat 01° 12′ 791″ N – 104° 15′ 297″ E, pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2018 pukuk 18.30 Wib.

Komandan Lantamal IV Laksamana Pertama TNI, R.Eko Suyatno,SE,M.M didampingi Danlanal Batam, mengatakan, penangkapan berawal adanya informasi Intelijen bahwa akan adanya aktifitas tranfer muatan disalah satu kapal yang sedang lego jangkar di perairan Batam. Selanjutnya Tim Gabungan WFQR IV dengan menggunakan Patkamla Sea Rider 1, Sea Rider 2 dan Jatanrasla 1 melaksanakan patroli dan penyekatan di beberapa titik yang kemungkinan dijadikan sebagai area lego jangkar oleh kapal tersebut.

” Berdasarkan informasi tersebut, pada hari Selasa tanggal 8 Mei 2018 sekira pukul 17.00 Wib Tim WFQR Lanal Batam Patkamla Sea Rider 2 melaksanakan giat patroli penyekatan di sektor perairan Karang Galang Batam, dan pada saat itu terdeteksi adanya 2 (dua) kapal yang mencurigakan dalam posisi berdampingan, selanjutnya tim WFQR menuju ke kapal sasaran. Setibanya di lokasi selanjutnya Tim WFQR melaksanakan pemeriksaan terhadap kedua kapal tersebut. Pemeriksaan terhadap kedua kapal juga diback up oleh Patkamla Sea Rider 1 Lanal Batam dan Sea Rider Tim 1 Jatanrasla’ “terangnya.

Ia menambahkan, berdasarkan data awal pemeriksaan dokumen dan muatan diketahui kapal MV Alkar Trust bermuatan beras produk Myanmar White Rice 25 PCT Brokens Emata dengan masa expired bulan September 2019 dan sedang melaksanakan kegiatan ship to ship muatan beras ke kapal MV Kar Trust di perairan Teluk Sebong, Indonesia. Diketahui pula bahwa kapal tersebut mempekerjakan 49 orang pekerja dari Batam, yang terdiri dari operator crane dan buruh angkut untuk membantu pelaksanaan ship to ship tersebut. Berdasarkan data awal bahwa kedua kapal tersebut milik salah satu perusahaan pelayaran singapore dan rencananya muatan beras tersebut akan dibawa ke Singapura.

Selanjutnya kedua kapal beserta ABK dan muatan diamankan oleh Lanal Batam, dan pada saat ini sedang dilaksanakan pengecekan/pemeriksaan lanjut terhadap muatan kedua kapal oleh Tim Intelijen Lantamal IV dan Tim Intelijen Lanal Batam, “bebernya.

Eko menyampaikan, saat ini dugaan pelanggaran yang dilakukan oleh kedua kapal antara lain yaitu, diduga nahkoda kapal MV Alkar Trust melayarkan kapal tidak sesuai dengan rute pelayaran berdasarkan port clearance dari Tamatave Madagaskar menuju ke Durban Afrika Selatan .

“Diduga nahkoda kapal MV Kar Trust melayarkan kapal tidak sesuai dengan rute pelayaran berdasarkan port clearance dari Thailand menuju ke High Seas,”jelasnya.

Menurutnya, dugaan sementara yaitu melakukan pelanggaran tindak pidana keimigrasian dan melakukan ship to ship tanpa ijin syahbandar untuk transfer muatan di tengah laut (bongkar muatan bukan di pelabuhan resmi)

” Kedua kapal tersebut masuk wilayah Indonesia tanpa adanya PKKA (Penunjukan Keagenan Kapal Asing), ” pungkasnya.

Data Kapal MV Kar Trust dinahkodai Darwin Bin Baso (Bugis) dengan jenis kapal , General Cargo, Tonase : 6348 GT, Berbendera Panama, tanpa adanya Agen (Nihil ) dengan junlah ABK 16 orang, dan ciri kapal yaitu memiliki Anjungan putih dengan ambung merah hitam, Port Clearance kapal MV Kar Trust dari Thailand ke High Seas, dengan muatan kapal, Beras Myanmar total 4.288,8 ton (hasil STS dari kapal MV Alkar Trust).

Sedangkan data kapal MV. Alkar Trust yaitu berjenis kapal Bulk Carrier dan Berbendera Panama, Tonase 18868 GT tanpa Agen (Nihil), di Nahkoda oleh Bilal Omer (WNA/Turki) dengan jumlah ABK 15 orang (seluruhnya WNA Turki)
8. Ciri kapal : Anjungan putih, lambung merah hitam, Port Clearance kapal MV Alkar Trust dari Tamatave Madagaskar ke Durban Afrika Selatan dengan muatan beras Myanmar yang ada di kapal sekitar 300 ton. Rill

Editor : IKA
,

banner 300x250
  • Whatsapp

Related posts

banner 468x60