BI Sediakan Rp 9,9 Milyar Uang Kartal di Batam

TERDEPAN.CO.ID,BATAM- Bank Indonesia Kepulauan Riau di hari pertama pelayanan penukaran uang baru melalui kas keliling dalam menyambut hari Raya Idul Fitri tahun 2018, menyediakan uang kas sebesar 9,9 Milyar Rupiah bagi masyarakat di Batam, sabtu ( 26/05/18).

Kas keliling yang diikuti 11 Bank di Batam ini mulai beroperasi pada pukul 08.30-14.00 WIB di dua tempat yaitu, Komplek pertokoan Botani 2 dan di Mega Legenda Batam.

Sebelas bank yang menjadi mitra BI yaitu, Bank Daerah Riau Kepri dan Bank yang tergabung dalam Badan Umum Milik Negara (BUMN), yakni PT Mandiri Tbk, PT Bank Negara Indonesia Tbk (BNI), PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI), dan PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN).

Kepala Bank Indonesia Cabang Kepri, Gusty Raizal Eka Putra mengatakan, kebutuhan uang kartal ( uang kecil) pada tahun ini di prediksi mengalami peningkatan sebesar 2,4 persen di banding tahun sebelumnya  akibat adanya libur anak sekolah yang panjang yaitu 13 hari lamanya.

“ Tahun ini kita menyediakan dan mengatasi kebutuhan uang kartal yang meningkat di banding tahun lalu sebesar 2,4 persen, karena liburan nya cukup panjang yaitu 13 hari, “ kata Gusty.

Ia menerangkan, untuk Kepulauan Riau kebutuhan akan uang Kartal, BI menyediakan sebanyak Rp 3 Triliun.

“ Untuk di Kepri, Kita sudah menyiapkan uang sekitar tiga triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, di tiap Kabupaten Kota yang ada di Kepulauan Riau, “ terangnya.

Menurutnya, penukaran uang tersebut, masyarakat tidak di pungut biaya alias gratis, yang sudah di sediakan di masin-masing konter ataupun kas keliling yang sudah di tunjuk.

“ Untuk di Batam kita bekerjasama dengan 11 Bank yang terlibat, dan mulai tanggal 26 mei sampai 2 juni kita akan melakukan layanan keliling kas Kota batam dan hari ini kita menyediakan modal hampir Rp.9,9 Milyar, “pungkasnya.

Untuk mengatasi adanya penipuan, BI menghimbau kepada masyarakat yang ingin menukarkan uang kecil atau uang baru untuk di tukarkan di tempat- tempat yang resmi.

Layanan penukaran uang kecil akan kembali dibuka pada tanggal 2 Juni 2018 di lapangan Futsal LP Plaza Batuaji dan Food Court Tiban Center.

Dari lapangan, nampak masyarakat melakukan penukaran dengan cara menunggu giliran antrian untuk di panggil sehingga kegiatan tersebut berjalan dengan cepat dan lancar tanpa harus menunggu antrian yang panjang. IKA

 

 

 

 

 

 

 

SHARE