Diduga Memuat Sabu 3 Ton Kapal Asing Diamankan BC

Pembongkaran Oleh Petugas Pada malam Hari di Kantor DJBC Kepri

BATAM,TERDEPAN.CO.ID– Kapal Win Long dengan nomor lambung BH 2998 berbendera Negara Taiwan berhasil diamankan oleh Tim Kapal Patroli Bea Cukai menuju DJBC Khusus Kepri, karena di duga kuat telah membawa sabu pada Jum’at 23/2/2018 sekitar pukul 13.00 Wib di perairan selat Philips dekat Pulau Nipah, Kapal Patroli milik Kanwil DJBC Khusus Kepri Kec. Meral Kab. Karimun Prov. Kepri.

Win Long BH 2998 adalah kapal ikan berbendera Taiwan dengan jumlah ABK berikut Nahkoda sebanyak 28 orang dengan di duga membawa muatan sebanyak 3 Ton sabu.

Kapal Win Long BH 2998 Berbendera Taiwan di duga Mengangkut Sabu

Sedang petugas yang melakukan penegahan yaitu, Kapal patrol BC. 20005, Type FFB 28 aluminium yang di nahkodai oleh Kapten Yanto Eriyanto.

Dari hasil pemerikasaan diduga kapal bermuatan narkotika jenis sabu, selanjutnya kapal dikawal menuju Kanwil DJBC Khusus Kepri dan pada pukul 16.30 Wi, Kapal Win Long BH 2889 tiba di dermaga Ketapang Kanwil DJBC Khusus Kepri di Kec. Meral Kab. Karimun guna proses penyelidikan lebih lanjut.

Humas DJBC Khusus Kepri, Refly Silalahi ketika dikonfirmasi oleh terdepan.co.id menjelaskan belum pasti apakah barang tersebut termasuk golongan narkotika jenis sabu atau bahan pembuat sabu.

“Blm tentu sabu, masih dalam tahap pemeriksaan,” ujar Pria yang dekat dengan para awak media tersebut.

Refly juga menyatakan bahwa terkait pelaku serta barang bukti berupa sabu tersebut pihaknya masih belum bisa memberikan penjelasan dan juga masih harus berkoordinasi dengan BNN serta Kepolisian.

“Kapolri saja bilang belum dapat dipastikan sampai sampel mengatakan demikian,” tutup Refly sembari mengajak awak media untuk shalat maghrib terlebih dahulu.

Sampai saat ini pemeriksaan dan penyelidikan masih terus di lakukan di Kanwil DJBC Khusus Kepri, berikut dengan BB kapal yang di curigai telah membawa barang haram tersebut.

Pantauan di lapangan nampak hilir-mudik kendaraan roda empat milik pejabat, baik itu dari Polres Karimun, BNNK serta dari Kodim 0317/TBK keluar masuk ke Kanwil DJBC khusus Kepri.

Malam ini juga, pelaksanaan proses pembongkaran muatan oleh Kru Kapal BC. 20005 dihadiri dan di saksikan secara langsung oleh Pejabat yaitu, Pejabat Kanwil DJBC Kepri, Cpt. Yanto Eriyanto, Pasi Intel KPPBC TMP B Karimun Jangka, Dandim 0317/TBK Letkol Arm. Rizal Analdie, Kasatpolaiud Polda Kepri AKBP. Harry, Wakapolres Karimun Kompol IG. Ngurah Joni Mahardika, Pjs. Pasops Lanal TBK Lettu Laut (KH) Willy Wardhana dan Kasatpol Airud Polres Karimun Iptu Sahatah Sitorus.MA/SBR/IKA

 

SHARE