Warna Kuning Dalam Perayaan Imlek Identik Lambang Kejayaan dan Kemakmuran

BATAM,TERDEPAN.CO.ID- Masyarakat Tionghoa dalam merayakan hari besar Imlek, tidak terlepas dengan budaya memakai aksesoris serta memilih ornament penghias rumah dan pekarangan mereka dengan  warna Merah dan Kuning Keemasan, selain memiliki symbol kepercayaan dan adat yang harus di taati, warna ini menjadi suatu warna favorit di tiap tahunnya dalam perayaan Imlek yang jatuh setiap setahun sekali ini.

Dalam kamus pesan symbol yang tertuang dalam goresan buku “ Encountering Chinese: A Modern Country, an Ancient Culture” menerangkan bahwasannya warna merah memiliki makna keselamatan dan keberuntungan.

Sedangkan warna Kuning keemasan melambangkan Kemakmuran, kehangatan, kebahagiaan,kekayaan dan kesejahteraan. Aneka jenis slogan yang terpasang di dinding maupun pintu rumah di maksudkan untuk menghalau kekuatan jahat yang akan masuk ke rumah sang pemilik.

Dalam aplikasi penggunaan warna merah juga di pakai pada lentera dan lampion yang kebanyakan di gantung di beranda pusat perbelanjaan, rumah, gedung, toko, pasar dan vihara tempat mereka sembahyang.

Begitu pula amplop warna merah berisi uang ( Hongpao) di dekorasi dengan menggunakan warna kombinasi merah dan kuning keemasan.

Anggota Komisi II DPRD Kota Batam Hendra Asman, juga membenarkan kepercayaan turun-temurun leluhurnya, yang sampai saat ini masih di praktekan di setiap tahunnya, dengan memilih warna Kuning warna favorit di tahun imlek 2569 yang memiliki makna melambangkan kemakmuran, kehangatan, kebahagiaan, kekayaan dan kesejahteraan.

“ Imlek biasanya identik dengan warna Merah, tapi tahun 2018 ini, kami sekeluarga memilih warna Kuning yang melambangkan Emas, kekuasaan, keperkasaan dan rejeki berlimpah ruah, dan Kami berharap di nuansa hari chiness ini bisa mendapatkan keberkahan untuk keluarga kami dan juga bisa membawa keberkahan dan kesejahteraan bagi perkembangan Kota Batam nantinya, “ jelasnya.

Menurutnya dengan jatuhnya Shio Anjing Tanah pada Imlek 2569 ini, bisa membawa perubahan yang lebih baik bagi kemajuan Kota Batam. IKA

 

 

 

 

 

 

SHARE