2.000 Lebih KTP Yang Sudah Jadi Belum Di Ambil

Batam,Terdepan.co.id-Kesibukan masyarakat nampak jelas di depan Majalah Dinding (Madin) Kantor Kecamatan Batam Kota, selasa (19/12 2017). Pemandangan seperti ini adalah suatu hal yang tidak asing lagi di Kantor Kecamatan Kota Batam.

Terlihat beberapa orang sedang mencari nama mereka yang beberapa bulan yang lalu melalakukan perekaman KTP, untuk memastikan KTP mereka sudah selesai. Nama nama yang sudah ada di madin menandakan bahwa KTP mereka sudah jadi.

Kepala Kecamatan Batam Kota, Ashraf Ali mengatakan, selain ada 2.000 lebih KTP yang belum di ambil, permasalahan kekurangan blangko KTP masih menjadi salah satu penyebab keterlambatan pembuatan KTP.

“Keterlambatan pembuatan KTP di kantor Kecamatan Batam Kota,di karenakan kurangnya blangko KTP.Keterlambatan ini bukan yang pertama kalinya terjadi, kurangnya ketersedian blangko KTP merupakan salah satu alasan keterlambatan pembuatan KTP.Pihak dari Kecamatan Batam kota sendiri mengatakan bahwa ketersedian Blangko KTP dengan perekaman data pembuatan KTP sendiri tidak seimbang.Dari perekaman data yang sudah tercatat dari September 2016 – Desember 2017 mencapai 20.000 lebih hanya sekitar 7.000 lebih KTP yang sudah jadi yang di bagi menjadi 12 Kecamatan yang ada di Batam, sedangkan yang belum tercetak sebanyak 12.000 E-KTP,“ paparnya.

Dari keseluruhan E-KTP yang sudah tercetak tercatat ada 2.000 KTP yang belum di ambil oleh pemiliknya. Pihak kantor Kecamatan juga menjalankan beberapa terobosan mulai dari memisahkan nama-nama KTP yang sudah jadi di tiap per-Kelurahan serta menghubungi No Hp yang ada di map, tetapi nomor HP masyarakat yang di hubungi sudah tidak aktif lagi.

“Dari berberapa No Hp masyarakat yang di hubungi, ada yang tidak aktif karena sudah berganti nomor, meninggal dunia dan ada yang sudah kembali ke kampung halamannya, “ terangnya.

Pembatasan blangko E-KTP dari Kemendagri juga menjadi persoalan tersendiri dimana dari permintaan Disdukcapil Batam sebesar 50.000 ribu E-KTP hanya di penuhi 8.000 blangko E-KTP.

Kecamatan Batam Kota menghimbau kepada masyarakat yang belum mengambil E-KTP agar segera datang ke kantor Kecamatan atau ke tempat yang sudah di tunjuk atau ke konter IV. BGS/IKA

 

Presenter “Ika Ratna Dewi”

Kameramen “Bagus Alfianto”

Pembaca Naskah “Bagus Alfianto”

SHARE