KRI Bima Suci Kapal Layar Latih Terbesar Nomor Tiga di Dunia

Batam,terdepan.co.id- Kapal Layar Latih baru kebanggan TNI Angkatan Laut, KRI Bima Suci, telah tiba dan bersandar di Dermaga Batu Ampar Batam, kamis (07/12/17), di sambut dengan tari sekapur sirih.

KRI Bima Suci di buat tahun 2017 di galangan Freire Shipyard Vigo Spanyol. Dan untuk First Steel Cutting sendiri di laksanakan tanggal 16 November 2015, keel laying 27 januari 2016, dan launching tanggal 17 oktober 2016 dan di bawa berlayar ke Indonesia oleh TNI AL di bawah pimpinan Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji pada tanggal 18 September 2017, KRI Bima Suci masuk dalam jajaran armada RI dan di resmikan sebagai kapal Latih bagi Taruna Akademi Angkatan laut yang berbasis di Surabaya pada tanggal 12 September 2017.

Komandan Latih Taruna Letkol laut (P) Tonny Sundak mengatakan, selama berlayar dan singgah di beberapa Benua Eropa, masyarakatnya menyambut dengan suka cita dan begitu antusias.

“ Mereka senang dan cukup antusias, melihat kemegahan kapal ini,” jelasnya.
Adapun rute playaran yang telah di tempuh yaitu pada tanggal 18 september 2017 di mulai dari VEGO Spanyol, Civitavecchia (Italia), Pord Said (Mesir), Jeddah (Arab Saudi), Colombo (Srilanka), Padang dan terakhir menuju Jakarta.

Tonny menegaskan Akomodasi yang di miliki KRI Bima Suci memiliki banyak keunggulan di banding KRI Dewa Ruci yang sebelumnya di gantikan oleh KRI Bima Suci ini yaitu panjang (LOA), 111,2 m dengan lebar 13,65m, kec.Max (mesin) 12 knot, kec.Max (layar) 15 knot, Berat kapal 2.346 ton, Draft 5,8m, luas layar 3.352m, Total layar 26 layar, Mesin, Man-Man Engine 6L2131, dengan jumlah ABK 66 orang, Jumlah Taruna 120 orang serta jumlah pengasuh 12 orang dengan VIV.

Selain itu keunggulan KRI Bima Suci ini, sebagai kapal Layar Latih nomor tiga terbesar di seluruh dunia.

“ Ini merupakan Kapal Layar Latih Kebanggan Indonesia yang terbesar nomor tiga di seluruh dunia, “lanjutnya.

Sedangkan Nahkoda Kapal di Komandoi oleh Komandan Letkol Laut (P) Widyatmoko Baruno Aji yang sebelumnya bertugas di KRI Dewaruci dan berbagai kapal perang TNI AL diantaranya Kapal Layar Latih, Landing Ship Tank dan Landing Platform Dock. IKA

Reporter & Pembaca Naskah " Ika Ratna Dewi"
Kameramen " Anton Zakoto HMS Times"
SHARE